Selasa, 26 Februari 2008

KEKUATAN MEMBERI




Yang menjadikan kita manusia adalah sifat kita yang tidak bisa hidup sendiri. Kita selalu membutuhkan orang lain dalam segala aspek kehidupan kita. Kadang kita harus dibantu jika kita sedang kesulitan, atau kita yang membantu orang lain jika mereka yang membutuhkan kita.
Masalah diatas bisa kita lihat pada kisah seorang saudagar yang sering sekali membantu teman dan saudaranya. Satu saat ketika dia menghadapi kesulitan tidak ada yang mau membantunya, padahal dia selalu membantu orang lain. Saudagar itu tidak terima dengan keadaan ini. Maka suatu hari dia mendatangi seorang bijak dan menceritakan pengalamannya.
Orang bijak itu lalu berkata bahwa ketika kita memberikan bantuan sebaiknya tidak mengharapkan pamrih. Bantu saja dengan ikhlas tanpa harus menanyakan akan bantuan yang kita berikan padanya. Bahkan sebaiknya kita harus memberi pelajaran kepara orang yang telah kita bantu agar dia mengerti. Namun demikian jika kita memberikan bantuan juga harus realistis, jangan terlalu memaksa karena nanti malah akan menyusahkan diri sendiri. Selain itu memberikan bantuan juga tidak harus selalu dalam bentuk materi. Bantuan dukungan dan doa juga bisa kita berikan. Satu hal yang harus diingat bahwa kekuatan memberi memiliki dampak yang sangat dahsyat bagi keberhasilan kita ke depan.

Tidak ada komentar: