Jumat, 31 Oktober 2008

Tips Agar Layar Notebook Lebih Terang

Dalam kondisi cahaya yang tidak mendukung, layar TFT notebook bisa menjadi sangat gelap. Padahal, setting cahaya background sudah menyala maksimal. Dan Tips supaya layar mudah dibaca kembali adalah dengan mengatur graphics card driver.

Caranya adalah :
Layar dapat diakali dengan me¬ngoreksi gamma dalam driver graphics card pada setiap notebook sehingga informasi tetap terbaca meskipun pada kondisi minim cahaya yang buruk.

Biasanya, koreksi gamma digunakan untuk menyamakan dan mengoptimalkan color balance antara layar, printer, dan scanner. Dengan koreksi gamma ini, area yang terang atau gelap pada layar dapat diatur agar tampilannya sesuai dengan karakteristik cahaya.


Untuk mengoreksi konfigurasi gamma, klik kanan Desktop dan pilih “Properties”. Pada graphics card ATI, koreksi gamma ini terdapat dalam tab “Color”, sedangkan pada chip Intel dalam tab “Graphics Media Accelerator Driver”. Biasanya, akan tampil garis lurus dari kiri bawah ke kanan atas. Bengkokkan garis lurus ini di tengah sedikit ke arah kiri atas (lihat screenshot). Posisi yang gelap di video menjadi terang kembali. Jangan lupa, dalam kondisi yang gelap, kurva gamma dikembalikan ke posisi semula.

Tidak ada komentar: