Senin, 31 Mei 2010

Sayangi sistem exhaust


(17/09/2003) - Perawatan rutin, termasuk ganti oli dan filter tidak menjamin peforma top mobil terjaga bila mengabaikan sistem exhaust. Buruknya Sistem exhaust akan membebani kerja mesin dan mempengaruhi peforma, khususnya pada mobil diatas tiga tahun. Jadi ini bukan cuma soal kontribusi terhadap pelestarian lingkungan, tapi juga soal peforma dan usia pakai mobil anda.

Memberi perhatian lebih pada sistem exhaust bukan saja menjaga mobil tetap beroperasi optimal tapi juga menghemat uang. Dan lolos kir mobil pribadi �kalau jadi dilaksanakan. Dibawah ini disajikan jenis-jenis komponen yang umum ditemui pada sistem exhaust dan apa yang akan terjadi bila dimakan usia.


PCV (Positive Crankcase Ventilation) Valve mengalirkan gas-gas berlebih yang terbentuk pada crankcase dan mengarahkannya kembali ke intake manifold dan memastikan gas itu hanya mengalir ke kearah itu. Gas-gas yang terkumpul di crankcase biasanya mengandung uap bensin yang belum terbakar. Dengan demikian peran PVC sangat vital untuk membersihkan emisi. PVC valve punya pegas yang akan kehilangan daya lenturnya seiring waktu. Komponen ini relatif murah dan mudah menggantinya.

Catalytic Converter adalah komponen paling mahal dan �mungkin- paling dikenal dalam sistem exhaust. Fungsi utamanya adalah membakar unsur-unsur hidrokarbon (unsur utama pembentuk bensin) yang belum terbakar. Catalytic converter disusun oleh komponen-komponen kimiawi yang terkuras seiring waktu. Komponen kimiawi itu dilepas untuk bereaksi dengan hidrokarbon yang menghasilkan gas-gas ramah lingkungan. Jadi catalytic converter punya umur, yang bila tiba waktunya harus diganti. Indikasinya, bila tercium bau bensin dari ujung knalpot meskipun mesin bergerak halus dan efisien. Karena harganya mahal, maka beri perhatian lebih pada problem-problem kecil yang bisa mengurangi usia pakai catalytic converter.

Oxygen Sensor bisa jadi komponen paling penting dan sistem emisi mobil modern. Sensor ini mendeteksi kandungan oksigen pada gas buang. Bila kandungan oksigen tinggi, mengindikasikan banyak bensin belum terbakar. Sensor ini punya rentang pakai sekitar lima tahun dan harus diganti. Penggunaan sensor oksigen yang tidak normal, dapat menyebabkan komputer mesin menjalankan program pencampuran udara/bensin yang abnormal. Bila dibiarkan berlarut-larut, justru memperpendek umur catalytic converter.
Air pump, ditemukan pada beberapa model. Alat ini dipasang di dekat exhaust manifold, atau dekat catalytic converter. Fungsinya menambahkan oksigen yang membantu terjadinya pembakaran gas-gas yang belum terbakar di exhaust, sekaligus membantu operasional catalytic converter.

EGR (Exhaust Gas Recirculation ) valve memungkinkan sejumlah gas exhaust untuk kembali dimasukkan ke ruang bakar, agar suhu pembakaran tidak terlalu tinggi guna mencegah terbentuknya nitro oksida (NO2) berlebih.

Exhaust seal pantang bocor. Kalau terjadi, tekanan balik pada sistem exhaust akan drop dan menggangu kerja catalytic converter. Indikasi bocor, suara mesin sedikit beda atau pada kondisi idle terasa kasar. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan mekanis khusus.

Vacuum hoses pada dasarnya berfungsi menjaga intake manifold tetap vakum agar kondisi pembakaran tetap maksimal. Selang-selang itu akan jadi getas dan retak seiring berjalannya waktu. Periksa dan ganti sebelum kehilangan kelenturannya.

Fuel injector terus dikembangkan. Dalam kacamata sistem emisi, fuel injector menyemprotkan bahan bakar dan mengukurnya secara seksama guna menghasilkan pembakaran efisien dan bersih. Kalau nozzle injector sedikit buntu, dan tidak menyemburkan bensin dengan pola yang tepat, sistem emisi akan terpengaruh, meskipun peforma mobil tampaknya normal-normal saja.

Muffler ternyata punya peran penting dalam sistem emisi. Walaupun fungsi utamanya meredam suara, muffler juga menghasilkan tekanan balik yang membantu mesin bekerja lebih efisien. Juga menjaga catalytic converter beroperasi pada suhu optimum.

Pengujian emisi tidak lain mengukur konsentrasi sejumlah gas berbahaya (seperti karbon dioksida, carbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida dan lainya) berdasarkan analisa apa yang keluar dari ujung knalpot. Hasilnya di cocokkan dengan angka-angka polutan yang dianggap normal untuk tipe mobil tertentu. Dari situ ditentukan lulus atau tidak.

Komponen-komponen itu bekerja sebagai satu kesatuan sistem dan mengabaikan satu komponen yang dianggap tidak penting bisa mengurangi umur catalytic converter yang mahal itu dan memperpendek usia mesin. -�-
Bookmark and Share

Selasa, 25 Mei 2010

TIDUR YANG BAIK

Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang 'empuk-empuk' heu heu. Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, kenapa ya? karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Posisi tidur yang benar adalah tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini bermanfaat agar mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung.

Posisi tidur yang membuat bodoh adalah : terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.

Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB - 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 - 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya...

Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 - 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.

JAM KERJA ORGAN TUBUH KITA

LAMBUNG

  • Jam 07.00 – 09.00
  • Jam piket organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari.
  • Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap tubuh.


LIMPA

  • Jam 09.00 – 11.00
  • Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan.
  • Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.


JANTUNG

  • Jam 11.00 – 13.00
  • Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.


HATI

  • Jam 13.00 – 15.00
  • Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.
  • Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.


PARU-PARU

  • Jam 15.00 – 17.00
  • Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru


GINJAL

  • Jam 17.00 – 19.00
  • Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.


LAMBUNG

  • Jam 19.00 – 21.00
  • Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan.


LIMPA

  • Jam 21.00 – 23.00
  • Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa.
  • Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.


JANTUNG

  • Jam 23.00 – 01.00
  • Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.


HATI

  • Jam 01.00 – 03.00
  • Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh.
  • Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.


PARU-PARU

  • Jam 03.00 – 05.00
  • Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru.
  • Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.


USUS BESAR

  • Jam 05.00 – 07.00
  • Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan BAB secara teratur.

MAKANAN ANTI LEMAAAK...!!!!

Rebung: Rendah lemak dan gula namun tinggi serat, rebung baik untuk mencegah konstipasi. Akan tetapi orang yang menderita ulkus (luka) perut harus membatasi asupan rebung.

Sayur yang diasinkan: Lemak dari sayuran terhancurkan selama proses pengasinan. Akan tetapi, orang yang tubuhnya cederung menyimpan kelebihan cairan dan gas harus menghindarinya untuk mencegah tersimpannya cairan tubuh.

Tauge: Mengandung fosfor, zat besi dan banyak cairan. Ini dapat mencegah terbentuknya lemak di bawah kulit.

Pepaya: Membantu mengurangi kelebihan cairan dan gas yang tersimpan di dalam tubuh dan beri-beri. Juga memperbaiki persendian.

Nanas: Mengandung enzim untuk menghancurkan makanan berprotein tinggi, seperti ikan dan daging. Ini cocok dikonsumsi setelah makan.

Kulit jeruk yang dikeringkan: Tidak saja bisa membantu pencernaan dan melepaskan gas, juga dapat mengurangi tersimpannya lemak di dalam perut.

Cumi: Sangat rendah lemak sehingga berat anda tidak akan bertambah jika memakannya. Ini pilihan makanan yang tepat selagi diet.

Sumber :
Era Baru

Penyakit Turunan

Penyakit Turunan



1. Alkoholisme
Anak-anak penderita alkoholik tidak ditargetkan menjadi pecandu alkohol juga. Tapi studi terbaru mengungkap bahwa sekitar 50 persen anak para alkoholik berisiko menderita nasib serupa dengan orangtuanya. Sebesar 50 persennya lagi akan ditentukan oleh lingkungan. Ini disebabkan sejumlah gen pada orangtua menurun ke anak, sejenis gen ketergantungan.


2. Kanker Payudara
Penyebabnya memang masih misteri, namun ilmuwan sudah menemukan bahwa terjadi mutasi sejumlah gen seperti BRCA1 dan BRCA2 adalah pemicunya. Perempuan yang mewarisi mutasi gen ini akan menderita kanker payudara. Sedangkan kaum lelakinya akan mengalami risiko kanker prostat.


3. Buta Warna
Sebanyak 10 juta lelaki AS tak bisa membedakan mana merah dan hijau. Gangguan pengelihatan ini memang lebih banyak diderita Kaum Adam. Mengapa? Sebab gen reseptor warna hijau dan merah berada di posisi dekat kromosom X.


4. Kekerasan
Mengerikan juga jika seorang ayah yang suka melakukan kekerasan akan menurun pada anaknya. Perilaku agresif anak lelaki biasanya diturunkan dari gen ayahnya. Bukan hanya kebiasaan melakukan kekerasan, melainkan juga perilaku antisosial dan suka mencuri. Gen suka mencuri ini lebih banyak bekerja pada perempuan.


5.Obesitas
Kegemukan tak selamanya akibat lingkungan. Banyak kasus dimana orang memangvsulit menahan nafsu makannya. Ini disebabkan ada gen yang membuat fungsi penahan nafsu makan tidak bekerja dengan baik. Dan gen ini menurun. jadi jangan heran jika menjumpai satu keluarga yang bertubuh gemuk semua.


6. Penyakit Jantung
Jika punya anggota keluarga menderita diabetes atau stroke, bisa dipastikan akan menderita gangguan jantung. Anak dari orang tua penderita gangguan jantung dan peredaran darah akan mewarisi penyakit tersebut. Ditambah lagi pasien gagal jantung juga akan menurunkan penyakit serupa.


7. Saudara Kembar
Ingin memiliki saudara kembar? Periksa dulu apakah ada kembar dalam keluarga kita. Kasus kembar ini dipicu oleh suatu gen yang membuat seorang ibu melepaskan sel telur multipel selama evaluasi. Keturunan kembar ini tidak selalu menurun langsung ke anak-anak, bisa melompat ke cucu atrau sepupu.


8. Jerawat
Anda berjerawat parah? Agak sulit disembuhkan jika memang kedua orangtua kita berjerawat juga. Studi mempelihatkan banyak anak usia sekolah berjerawat juga memiliki riwayat berjerawat pada keluarganya.


9. Tak Doyan Susu
Ada sebagian orang yang tak bisa minum susu hewani dengan kandungan zat laktosa. Memang tubuh mereka tak mampu menoleransi laktosa sama sekali. Untuk bayi, biasanya disediakan susu kedelai dengan kandungan laktosa rendah. Kondisi seperti ini juga bersifat menurun dalam anggota keluarga.


10. Kebotakan
Walau kebotakan dianggap biasa pada kaum lelaki, ternyata hal itu juga dipicu oleh keturunan. Ada gen yang diturunkan oleh salah satu pihak orangtua atau keduanya yang menyebabkan si anak juga menderita kebotakan. Ada juga orang yang menderita kebotakan permanen yang pastinya juga disebabkan oleh satu jenis gen.

Senin, 24 Mei 2010

Tutup Radiator

Terkadang kita sering meremehkan hal-hal yang terlihat kecil pada kendaraan kita. karena harganya yang murah dan tampangnya yang tidak canggih. Tetapi terkadang benda itu sebenarnya memliki fungsi yang kompleks dan cara kerja yang cukup canggih juga. Salah satunya adalah tutup radiator.

Tutup radiator : setiap kendaraan mobil pasti memiliki tutup radiator atau Radiator Cup. Benda ini kecil dan sederhana namun fungsinya sangat luar bisa. Dan jika terjadi kegagalan atau kerusakan pada benda ini akibatnya bisa sangat fatal.

Fungsi utama dari tutup radiator ini adalah menutup lubang pengisian coolant atau air radiator. Disamping fungsi utamanya, tutup radiator memliki fungsi tambahan yang jauh lebih kompleks dibandingkan fungsi utamanya. Yaitu sebagai penjaga tekanan didalam ruang sirlkulasi air dan sebagai pengatur aliran air dari dan menuju tabung reservoir.

radiator

Gambar :http://www.sweethaven02.com/Automotive01/fig0606.gif

Tutup radiator menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air atau coolant. Tekanan tertinggi yang diperbolehkan didalam ruang sirkulasi dibutuhkan agar titik didih air dapat di tinggikan. Misalnya : titik didih normal air pada tekanan udara ambient normal adalah 100o C , namun dengan adanya tekanan lebih tinggi di dalam ruang sirkulasi maka temperatur dapat mencapai angka yang lebih tinggi sebelum air radiator mendidih dan menguap dari mesin. Sebagai contoh kita ambil saja contoh extreme, dengan adanya tekanan 0.9 bar didalam ruang sirkulasi air maka air dapat mencapai angka 120o C. Kenapa temperatur tinggi diharapkan didalam ruangan sirkulasi air ?? Hal ini sesuai dengan prinsip perpindahan kalor yaitu dengan semakin besarnya perbedaan temperatur (delta T) maka akan semakin banyak kalor yang dapat dipindahkan. Jika temperatur air di radiator mencapai 120o C sedangkan temperatur udara di luar tetap 30o C maka kalor yang dipindahkan dari radiator ke udara akan lebih besar dibandingkan jika air radiator hanya bertemperatur 100o C dan temperatur udara di luar radiator tetap 30o C. Hal ini juga yang menunjukkan mengapa mesin akan lebih efisien jika dalam kondisi panas. Tutup radiator dalam hal ini bergungsi sebagai pressure valve . Yaitu menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air tetap pada tekanan yang di inginkan. Biasanya di atas tutup radiator terdapat angka 0,9 atau 1,2 itu merupakan indikator tekanan yang harus dipertahankan di dalam ruangan sirkulasi air dalam satuan Bar. Jika tekanan didalam ruangan sirkulasi air sudah melebihi tekanan set, maka pegas dari pressure valve akan tertekan ke atas, kemudian akan terbuka ruangan yang menghubungkan antara ruang sirkulasi air dengan ruang reservoir sehingga tekanan dapat dikurangi sekaligus volume air yang mengalami expansi akibat pemanasan dipindahkan ke reservoir.

Ketika mesin dimatikan atau mesin mengalami pendingian begitupula dengan air radiator maka akan mengalami pendinginan, sebagai akibatnya volume air akan mengalami penyusutan. Efek samping dari adanya penyusutan volume air maka akan terjadi ke vakuuman di dalam ruang sirkulasi air. Ketika terjadi kevakuuman di ruang sirkulasi air maka klep tutup radiator bagian tengah yang kecil akan membuka maka ruang sirkulasi air dan reservoir akan terhubung kembali dan karena adanya vakuum di ruang sirkulasi air maka air akan mengalir kembali dari tabung reservoir ke ruang sirkulasi. Klep kecil ditengah tutup radiator ini di sebut vacuum valve karena bekerja pada saat ke vakuuman terjadi di ruang sirkulasi air.

Bayangkan jika tutup radiator yang anda miliki gagal dalam melaksanakan tugasnya sebagai pressure valve atau vacuum valve. Kegagalan tutup radiator dalam menjalankan fungsinya bisa diakibatkan usia tutup radiator yang sudah cukup tua sehingga pegas-pegas yang berfungsi sebagai pengatur fungsi valve sudah tidak bekerja sesuai dengan spec, atau juga bisa diakibatkan korosi dan kotoran atau endapan air radiator yang terdapat di tutup radiator menghambat kerja pegas. Selain itu tutup radiator yang imitasi dan dengan kualitas rendah juga sangat rentan kegagalan dalam melakukan fungsi pressure valve dan vacuum valve.

Masalah-masalah yang timbul akibat kegagalan fungsi dari tutup radiator antara lain :

  • Fungsi Pressure Valve : Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat menjaga tekanan tinggi didalam ruang sirkulasi, akibatnya air di ruang sirkulasi akan cepat mendidih (boil) dan berubah menjadi uap air yang dapat dengan mudah lolos dari ruang sirkulasi air sehingga air radiator kerap berkurang padahal mesin kita tidak bermasalah dan indikator temperatur juga tidak menunjukan panas yang significant. Atau sebaliknya jika tekanan yang berlebih di dalam ruang sirkulasi tidak dapat di release/ di lepas ke udara melalui reservoir maka di dalam ruang sirkulasi air akan terjadi tekanan tinggi di luar kemampuan parts-parts kendaraan kita. Yang terjadi adalah indikator temperatur akan menunjukan "hot " , parts-parts yang tidak tahan terhadap tekanan tinggi akan mengembang dan akhirnya meletus/meledak atau bocor seperti selang radiator, seal waterpump bocor bahkan radiator itu sendiri yang bocor.
  • Fungsi Vacuum Valve : Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat membuka ketika terjadi pendinginan di dalam ruang sirkulasi air, hal ini mengakibatkan air dari tabung reservoir tidak dapat masuk kembali ke ruang sirkulasi air. Ketika dingin dan kita check volume air radiator akan terlihat berkurang padahal temperatur pada indikator temperatur biasa-biasa saja. Sedangkan volume air di tabung reservoir akan penuh terus dan bahkan luber.

Jika dilihat dari fungsi-fungsi diatas tutup radiator sangat memegang peranan penting dalam hal pendinginan mesin. Jika dilihat bentuknya yang kecil dan cukup sederhana kita tidak akan menyadarinya.

TIPS : Jika anda ingin membeli tutup radiator pastikan tekanan yang diperbolehkan oleh specifikasi mobil anda sesuai dengan yang tertera pada tutup radiator. Tidak semua mobil sama tekanan tutup radiatornya. Pada umumnya untuk kendaraan Jepang lawas rata-rata menggunakan 0,9 bar.

tutup radiator

Brake Booster

Brake Booster

Sesuai dengan namanya booster berarti penguat ..dalam hal ini adalah sebagai penguat tenaga kaki kita, jadi dengan hanya sedikit sentuhan hasil pengereman yang didapat sudah maksimal .

Brake booster bekerja dengan menggunakan hukum alam yaitu yang lemah dapat dengan mudah di tekan.

Maksudnya disini adalah hukum alam dimana apabila terdapat dua ruangan yang berhubungan t

brake boster terdiri dari dua kompartemen / kamar yang masing2 kamar dipisahkan oleh karet membran/ diapraghma. Kamar yang dekat dengan brake master kita sebut ruang A, dan yang di dekat dengan pedal disebut dengan ruang B.
Ruang A memiliki selang /saluran yang terhubung dengan intake manifold sehingga pada saat mobil kita hidup ruang A menjadi Hampa.(lemah)
Ruang B juga menjadi hampa ketika mesin hidup jika Valve tidak di injak.
KEseimbangan ini perlu dijaga agar rem tidak bekerja sendiri ketika tidak di injak.
Ketika kita menginjak pedal rem, Valve akan menutup saluran penghubung antara ruang A dan ruang B dan membuka saluran antara ruang B dengan udara luar (1atm)
Sedangkan ruang A tetap vacuum (dibawah 1 atm)
Karena kondisi ini kita dapat dengan mudahnya mengerem meskipun lagi lari 100 Km/h......

Masalah yang sering timbul : Rem Magel : yaitu rem terasa keras dan tidak pakem !!!! ini terjadi karena Ruang A tidak dapat dibuat Vacuum sehingga tidak ada yang membantu proses pengereman, hal ini terjadi karena adanya seal booster yang bocor....atau kemungkinan lain Valve tidak dapat membuka hubungan antara ruang B dengan udara luar.

Jika terjadi kebocoran seal boster biasanya ditandai dengan suara angin berdesisi disekitar pedal rem/boster.

Hal ini mengakibatkan mesin anda tidak dapat idle /langsam dengan sempurna ...yang pada akhirnya akan membuat kendaraan anda boros.

Menerima Service Booster anda (mobil jepang) jika booster anda bermasalah silahkan hubungi kami di Ferky01@yahoo.com

PCV Valve : Kecil, nyempil tapi Pentingg!!!!

pcv

Mesin-mesin mobil melakukan pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Setiap pembakaran bagaikan suatu reaksi kimia akan ada zat-zat yang bereaksi dan akan ada zat-zat hasil dan residu. Sebagian besar uap dan gas hasil pembakaran diruang bakar akan di buang melalui langkah buang ke manifold exhaust dan diteruskan ek kenalpot. Namun harus disadari juga ada sebagian kecil dari gas ini menembus bagian dinding antara piston dan boring menuju ruang mesin.

Ruang mesin adalah ruang yang terletak di bawah piston dan bak penampungan oli. Gas dan uap-uap ini mengandung diantaranya uap air dan gas sisa pembakaran seperti co dan NOx. Apabila dibiarkan berada didalam ruang mesin maka uap air dapat mengakibatkan korosi pada komponen-komponen mesin, diluar itu gas-gas akan membuat oli mesin menjadi terkontaminasi, sehingga karakteristik oli akan cepat memburuk. Walaupun oli baru diganti sudah terlihat kotor dan encer. Selain itu penumpukan gas dan uap akan mengakibatkan tingginya tekanan di ruang mesin. Tekanan yang tinggi dapat mengakibatkan kebocoran pada seal-seal dalam mesin, kebocoran ini sangat bahaya, dapat mengakibatkan oli berkurang secara cepat dari dalam mesin. Untuk mengatasi masalah uap dan gas-gas pembakaran (blowby gas) dapat dilakukan dengan membuat sistem ventilasi dengan tujuan mengeluarkan uap dan gas dari ruang mesin dan memasukkan udara segar ke ruang mesin. Tidak hanya sampai disitu, tanggung jawab terhadap lingkungan juga perlu diperhatikan. Uap dan gas berbahaya dari ruang mesin tidak dapat di lepaskan kelingkungan begitu saja sebab dapat mengakibatkan polusi yang sangat berbahaya.

Untuk menjawab tantangan itu maka dikembangkanlah sistem sirkulasi gas dan uap ruang mesin yang dinamakan sistem PCV. PCV singkatan dari Positive Crankcase Valve yaitu suatu sistem yang mengeluarkan gas dan uap berbahaya dari ruang mesin tanpa mengeluarkannya ke udara. Sistem ini memanfaatkan vacuum dari manifold untuk mengeluarkan gas dan uap dari ruang mesin dan kemudian bersatu dengan campuran udara bahan bakar menuju ruang bakar sehingga dapat di bakar lagi. Aliran atau sirkulasi ini di kontrol oleh sebuah katup yang didesain khusus yaitu katup PCV. Katup PCV sanggup menekan tingkat polusi dan juga menjaga ventilasi di ruang mesin.

Sistem PCV sudah menjadi perlengkapan standard bagi setiap mobil pada awal 1960-an. Dimulai dari california di tahun 1963. Berbagai jenis sistem PCV dikembangkan tetapi pada akhirnya memiliki tujuan yang sama.

Sistem PCV dapat di golongkan menjadi dua sistem yaitu sistem terbuka dan tertutup. Sistem tertutup lebih banyak digunakan sejak 1968 sebab lebih mampu mengontrol polusi udara. Sistem ini dibedakan dari cara udara segar masuk ke ruang mesin dan bagaimana uap dan gas dari ruang mesin dikeluarkan.

Sistem PCV terbuka

Sistem terbuka mendapat pasokan udara segar dari lubang di tutup oli yang berventilasi. Sistem ini tidak bermasalah selama uap dan gas yang dihasilkan ke ruang mesin dalam kondisi minimal. Namun saat uap dan gas yang ada menjadi banyak maka akan ada gas dan uap yang berbalik memaksa keluar melalui lubang ventilasi di tutup oli. Sistem ini sukses dalam mengeluarkan uap dan gas berbahaya dari ruang mesin namun tidak dapat mengatasi masalah polusi.

Sistem PCV tertutup

Sistem PCV tertutup mendapat pasokan udara segar dari rumah filter udara. Tutup oli tidak berventilasi lagi.Sehingga uap dan gas dari ruang mesin akan kembali ke ruang mesin dan akan terbakar bersama campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Sistem terutup mencegah uap dan gas terlepas di lingkungan. Sistem tertutup sangat efektif dalam mengontrol polusi udara akibat mesin kendaraan.

Katup PCV

Komponen yang paling penting dalam Sistem PCV adalah katup pengatur aliran udara. Yang biasa disebut dengan Katup PCV. Fungsi katup ini adalah untuk mengatur besarnya aliran uap dan gas dari ruang mesin ke intake manifold. Hal ini penting agar ventilasi yang baik dapat terjadi tanpa mengganggu ratio campuran bahan bakar udara untuk pembakaran.
Gas (blow-by gas) dan uap harus di keluarkan dari ruang mesin pada jumlah yang sama dengan jumlah mereka yang masuk ke ruang mesin. Karena saat mesin putaran lamban atau idle gas dan uap yang masuk ke ruang mesin jumlahnya minimal dan sebaliknya pada putaran tinggi ruang mesin akan menerima gas dan uap dengan jumlah yang lebih banyak, Katup PCV harus dapat mengkompensasi kebutuhan ini. Katup PCV di desain sedemikian hingga dapat membuka minimal dan maximal berdasarkan besarnya vacuum dari intake manifold.

Contoh : Saat putaran mesin pelan, Idle, Vakum di manifold menjadi besar. Daya vakum ini menarik piston didalam katup PCV ke arah maju atau di ujung katup yang dekat dengan manifold. Karena bentuk piston tersebut maka aliran uap dan gas yang dapat melalui katup PCV dipersempit. Rendahnya aliran uap dan gas melalui katup PCV saat idle cukup untuk fungsi ventilasinya dan juga tidak mengganggu ratio campuran bahan bakar dan udara.

pcv  idle

Pada putaran mesin tinggi daya vakum dari manifold berkurang. Piston hanya terhisap hingga di tengah-tengah dari rumah katup PCV. Posisi ini mengijinkan uap dan gas mengalir dari ruang mesin ke intake manifold sebanyak-banyaknya. Karena pada putaran tinggi mesin membutuhkan rasio bahan bakar dan udara yang cukup tinggi maka masuknya blow by ini tidak akan mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan. Dalam kejadian Backfire, tekanan dari intake manifold akan mendorong piston pada posisi menutup sempurna, hal ini mencegah api dari backfire mencapai ruang mesin dan meledakkan uap dan gas yang mudah terbakar didalam ruang mesin.


pcv high speed

pcv  back fire


Katup PCV yang tidak terwat akan segera gagal dalam melakukan tugas mulianya. Dan akibat yang akan dihasilkan dapat menyebabkan perwatan yang terkadang cukup besar dan memakan biaya. Jika ruang mesin tidak terventilasi secara baik maka oli mesin akan segera terkontaminasi dan gumpalan-gumpalan akan terbentuk. Bagian-bagian dari mesin tidak terproteksi oleh oli, mulai berkarat akibat uap air dan asam yang terjebak di ruang mesin. Jika sistem PCV tidak berjalan dapat pula mengakibatkan aliran uap dan gas menuju intake manifold tidak teratur. Hasilnya campuran bahan bakar udara terutama saat idle akan menjadi tidak proporsional sehingga suara mesin menjadi kasar saat idle bahkan mesin terkadang mati. Dampak lebih lanjut adalah klep intak dan exhaust dan juga Busi akan tertutup oleh deposit dari uap dan gas yang berlebih di ruang bakar sehingga akan sangat berpengaruh pada performa mesin.

Untuk menjaga tetap bekerjanya katup PCV ini maka dibutuhkan perawatan terhadap komponen ini selain merawat komponen mesin lainnya. Katup PCV dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan seperti carbon cleaner meskipun tidak sempurna. Terkadang sisa-sisa uap dan gas masih menempel di rumah katup meskipun sudah dibersihkan selain itu daya pegas didalam katup ini juga sudah berkurang, kita tidak dapat memperbaiki kemampuan pegas ini. Sehingga di anjurkan untuk mengganti komponen ini setelah berumur 16.000 KM.

Dengan sehatnya katup PCV dan juga selang-selang yang berhubungan dengan PCV maka diharapkan emisi gas buang kendaraan terjaga dan demikian juga dengan efisiensi bahan bakar anda.

Tangomotor.com

Kamis, 20 Mei 2010

Lihat Cara Penjahat Membobol Kartu ATM Anda

Karena maraknya peristiwa hilangnya saldo di tabungan beberapa nasabah di beberapa Bank akhir-akhir ini. Rasanya sudah saatnya bagi kita untuk mengetahui bagaiaman cara penjahat (skimmer) melakukan hal tersebut. Sebagai bahan pertimbangan bagi kita untuk lebih waspada.

Kalian pasti sudah tahu ini adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine) alias mesin tempat kita mengambil uang.
Spoiler untuk ATM 1:




Kalau gambar dibawah ini coba perhatikan baik-baik (Bagian atas layar monitor mesin ATM) :
Spoiler untuk ATM 2:



Coba kita lihat lebih dekat lagi :



Hanya terlihat seperti titik hitam biasa??



Ternyata itu adalah sebuah kamera yang dipasang untuk merekam Anda saat memasukkan PIN ATM.




Bagaimana dengan yang satu ini:
Terlihat seperti slot biasa untuk memasukkan kartu ATM Anda?
Spoiler untuk Slot ATM:

Terlihat seperti slot biasa untuk memasukkan kartu ATM Anda?



Coba lihat lebih dekat lagi



Alat apakah ini?



Ternyata sebuah alat untuk proses Skimming, merekam data yang ada pada kartu Anda.




Alat perekam itu biasanya ditempelkan pada slot asli untuk memasukkan kartu. Dibeberapa kasus menggunakan keypad palsu yang ditempelkan diatas keypad angka asli pada ATM tersebut untuk merekam PIN yang Anda masukkan.
Spoiler untuk Keypad:





Keypad palsu (untuk merekam tekanan tombol PIN ATM Anda) dilihat dari atas-beserta alat untuk mengcopy data dari kartu Anda.



Keypad palsu (untuk merekam tekanan tombol PIN ATM Anda) dilihat dari bawah-beserta alat untuk mengcopy data dari kartu Anda.




Berikut ini contoh yang lain:
Spoiler untuk Contoh lain:

1. Memasang alat untuk membaca data pada kartu ATM Anda (biasanya ditempel pada slot tempat memasukkan kartu ATM Anda).



Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini



(LIHAT baik-baik apakah Anda sadar kalau pada slot memasukkan kartu ATM tersebut ada yang janggal..SULIT untuk terdeteksi bukan).

2. Memasang alat untuk merekam penekanan PIN kartu ATM Anda.



Lihat gambar diatas : Sebuah kotak brosur biasa..??!!

Sebuah kamera pengintai (dalam berbagai bentuk tempat agar tidak ketahuan, ada yang sepeti batang besi,speaker,dll)



Rapi sekali bukan, Kita mungkin sulit untuk menyadarinya.
Sekarang bisa kita lihat bagaimana mudahnya alat-alat tersebut di pasang. Minimal sebelumnya hanya butuh ditambahkan selotip 2 sisi yang kuat (3M), tidak perlu obeng dan perkakas-perkakas lainnya itu sebabnya kemungkinan besar bisa luput dari perhatian kamera pengawas. Tapi kemungkinan terjadinya lebih kecil bila ATM-ATM tersebut berada di area cakupan Bank.

Tips Menghindari Pencurian Rekening

Teknologi yang digunakan para penjahat cyber semakin lama juga semakin canggih. Tak ayal, pihak perbankan pun harus memiliki sistem keamanan yang kuat untuk menghadangnya.

Meski demikian, untuk terhindar dari tindak kriminal ini juga diperlukan peran aktif nasabah. Simak 6 kiat untuk menghalau aksi pembobolan rekening ini menurut M. Salahuddien, Wakil Ketua Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII):

1. Gunakan hanya kartu chip, kalau bank Anda belum memberikan kartu chip, Anda harus minta ganti dan jangan menggunakan untuk transaksi sebelum diganti. Aturan Bank Indonesia (BI) yang baru, sejak Januari 2010 kartu yang resmi dan boleh digunakan hanya kartu jenis chip.

“Cuma saya belum konfirmasi apakah aturan ini untuk kartu kredit saja atau juga untuk kartu atm? Seharusnya semua kartu yang diterbitkan perbankan. kalau di luar negeri, mesin ATM sudah tidak mau menerima kartu non-chip,” papar Didin, panggilannya.

2. Lindungi kode 3 angka (CVV2) di belakang kartu Anda. Kecuali untuk otorisasi transaksi online, kode itu tidak akan pernah digunakan untuk transaksi konvensional di mesin ATM, atau di counter EDC merchant. Tutup 3 angka di belakang kartu itu dengan sticker, cellotape apa saja yang tidak transparan

3. Ubah PIN Anda sesering mungkin. Parameternya sederhana, ketika Anda cukur rambut, ganti kaos kaki (karena mulai bau), atau ganti sikat gigi (karena sudah mulai kusut) atau setiap kali cek angin ban kendaraan, itulah saatnya mengganti PIN kartu ATM Anda. Misalnya di pom bensin, biasanya sekarang ada mesin ATM, Anda bisa mengganti PIN ketika sedang transaksi pembelian BBM.

“Itu serius, musuh utama masalah keamanan adalah behaviour manusia itu sendiri, kebiasaan, kelakuan, sebagian besar pembobolan terjadi akibat dari eksploitasi terhadap kelemahan sosial, makanya disebut social engineering,” tukasnya.

4. Jangan pernah memberikan informasi pin dan data pribadi yang biasa digunakan untuk otorisasi perbankan kepada siapapun dengan alasan apapun termasuk pada customer service bank, seperti misalnya nama gadis ibu kandung dan lainnya. Kecuali memang yakin bahwa itu prosedur yang harus dilalui. Sebab sekarang banyak sekali pihak ketiga (misalnya perusahaan asuransi) dengan alasan kerja sama dengan pihak bank penerbit kartu, menawarkan produknya secara telemarketing dan Anda diminta memberikan informasi pribadi ini.

“Sialnya apabila ternyata itu bukan dari telemarketing tetapi dari sindikat pelaku fraud, Anda tidak pernah tahu dan tidak bisa melakukan kros cek dalam situasi ini,” lanjut Didin.

5. Berhati-hati apabila menerima tawaran dari telemarketing seperti itu, karena biasanya persetujuan yang anda berikan akan diterjemahkan sebagai kesediaan untuk melakukan auto ebet terhadap account anda. Ini berbahaya, lebih baik bila kurang yakin, Anda meminta waktu untuk melakukan konfirmasi kepada bank penerbit apakah benar pihak bank punya kerjasama dengan pihak telemarketing tersebut dan bagaimana aturan main serta risikonya.

“Atau sekalian saja Anda selalu menolak tawaran itu atau cukup tahu nama produk dan siapa penyelenggaranya selanjutnya sebenarnya Anda sendiri bila tertarik bisa insiatif jadi yang balik menghubungi penyelenggara jasa itu dan meminta untuk dilayani. Cara ini lebih aman, walau membutuhkan partisipasi aktif Anda,” kata Didin.

6. Awasi terus keberadaan kartu Anda ketika berada di counter merchant, jangan biarkan kartu itu dibawa kemana-mana dan digesek ke mesin yang berbeda berkali-kali. Lebih baik Anda membatalkan transaksi dan tidak usah menandatangani apapun dan laporkan ke bank penerbit apabila curiga dengan kondisi di suatu counter merchant.

Awasi juga kondisi mesin EDC, apakah nampak ada perangkat tambahan atau sambungan kabel tambahan yang mencurigakan. Tapi ini perlu pemahaman teknis, pengguna awam biasanya tentu akan sulit membedakan.

Kita mesti ingat, begitu kita gesek kartu itu, maka semua informasi penting akan tercatat oleh mesin EDC dan sebagian bahkan di print out. Seperti nama, nomor kartu dan tanggal masa berlaku (kadang kala tanggal mulai menggunakan).

Seseorang tidak perlu punya ingatan super untuk menghapal deretan kode angka yang tertera di kartu. Kalau Anda lengah cukup banyak waktu bisa digunakan pelaku untuk mencatat informasi itu (thrasing). Bahkan mereka bisa saling kerja sama misalnya berdua, satu orang sengaja mengalihkan perhatian Anda dan satunya yang membawa kartu mencatat atau bahkan menggesekkan kartu anda ke mesin skimming yang tidak terlihat

Selasa, 11 Mei 2010

7 Peti Mati (7 Deadly Bins)







Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.

1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.


2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)


Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)


Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%

Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%

Senin, 10 Mei 2010

KUMPULAN LINK DOWNLOAD

1. FreewareFiles.com
http://www.freewarefiles.com
Kamu bisa mendownload software-software gratis seperti game, browser web, screensaver, driver, desktop, spyware, dll.
2. Nonags
http://www.nonags.com
Program freeware lain bebas virus, spyware dan trojan.
3. Freeware Home
http://www.freewarehome.com
Website ini menawarkan software-software gratis dan layanan internet.
4. Free Downloads Center
http://www.freedownloadscenter.com
Website ini menawarkan download software gratis dan shareware, termasuk game, video, program antivirus,wallpaper,perlengkapan bisnis dll.
5. PortableApps.com
http://portableapps.com
Website ini menyediakan software portable gratis untuk USB drive, termasuk Firefox, OpenOffice, Media Player, program antivirus, dll.
6. SofoTex Downloads
http://www.sofotex.com
Menyediakan kumpulan download shareware dan freeware dengan review dan deskripsi pada kategori-kategori seperti PC utilities, games, screen savers, dll.
7. Completely Free Software
http://www.completelyfreesoftware.com
Freeware Windows dan DOS gratis yang telah di test, di review dan dinilai.
8. MyZips.com
http://www.myzips.com
Kumpulan download freeware dan shareware yang bisa kamu cari lewat box pencarinya.
9. Programfiles.com
http://www.programfiles.com
Kumpulan shareware, freeware, demo-demo, game-game dan banyak lagi.
10. FreewareWeb.com
http://www.freewareweb.com
Menawarkan kumpulan download freeware, dan shareware.
11. GameHippo
http://www.gamehippo.com
Kumpulan game PC gratis yang dikategorisasikan untuk windows, tanpa shareware atau demo, semua total gratis.
12. TinyApps.org
http://www.tinapps.org
Kumpulan software gratis yang sangat kecil untuk windows/dos sehingga muat
CD atau bahkan disket 1,44 MB
13. Freeware Guide
http://www.freeware-guide.com
Menyediakan berbagai macam program freeware untuk di download.
14. TopDownloads
http://www.topdownloads.net
Menyediakan berbagai macam game, screen savers, wallpapers, dan lain-lain untuk didownload gratis.
15. Open Universe
http://www.openuniverse.org
Freeware simulator sistem tata surya gratis, 3D. Dengan display planet, bulan, bintang, galaksi, asteroid dan pesawat ruang angkasa.
16. Files32.com
http://www.files32.com
Menawarkan download sharewaare dan freeware dengan fitur pilihan editor, rating pengguna, download terbanyak dan apa yang terbaru.
17. Pricelessware
http://www.pricelessware.org
Kamu bisa mendownload freeware terbaik windows yang telah dinilai dan diuji.
18. ACME Laboratories
http://www.acme.com
Koleksi utiliti dan tools untuk Unix dan Java, tutorial dan sumber-sumbernya, dll.
19. ABF-SOFT.com
http://www.abf-soft.com
Memiliki berbagai macam software program shareware dan freeware.
20. Only Freeware
http://freeware.intrastar.net/
Tidak ada yang lain kecuali freeware gratis disini.
21. SGI
http://www.sgi.com/fun/freeware/games.html
List game-game freeware dengan platform SGI
22. AnalogX
http://www.analogx.com/contents/download.htm
Lebih dari 5000 download gratis untuk windows dengan kategori Audio, Network, Programming dan System
23. DriversHeadquarters
http://www.drivershq.com
Menyediakan daftar lengkap driver yang bisa didownload gratis.
24. Mihov Freeware
http://www.mihov.com/eng/
Isi website ini merupakan campuran program dan grafik/gambar gratis untuk didownload.
26. Driverfiles
http://www.driverfiles.net
Download gratis driver untuk semua device populer atau jarang ada. Juga file DLL
27. Top Quality Freeware
http://www.topqualityfreeware.com
Lebih dari 2 kategori freeware yang bisa didownload termasuk game PC, icon, desktop, themes, grafik/gambar dan utiliti untuk internet.
28. The Free Site
http://www.thefreesite.com/free_software/
Beberapa software gratis yang bisa didownload.
29. Freeware Network
http://www.fwnetwork.com
Database ekstensif utiliti internet, business tools, player video dan audio, grafik desktop, dll.
30. Free Software 4 All
http://www.freesoftware4all.co.uk
Daftar kumpulan download freeware berkualitas.
31. Freeware World Team
http://www.all4you.dk/
Database internasional program freeware, untuk OS windows, dari seluruh dunia.
32. OnlyTheBestFreeware.com
http://www.onlythebestfreeware.com
Freeware desktop, internet, MP3, dan utiliti sistem untuk windows.
33. Free2U.org
http://www.free2u.org
Direktori komprehensif lebih dari 4000 program software.
34. Freeware Download Directory
http://freeware.seekfiles.com
Direktori ini mempunyai program-program gratis MP3, audio, multimedia, grafik, game, manajemen informasi, home dan pendidikan.
35. Top Freeware
http://www.topfreeware.net/
Direktori kumpulan freeware berkualitas
36. A1B2C3 Free computer Software
http://www.a1b2c3.com/free/
Kumpulan freeware ukuran sedang yang dikumpulkan berdasarkan kategori.
37. FreeWR
http://www.freewr.com
Menawarkan pilihan-pilihan software yang berguna dengan kategorisasi yang simpel
38. Kids Freeware
http://kidsfreeware.com/
Freeware khusus anak-anak. Bagus buat belajar dan permainan anak-anak yang sederhana dan menarik.
39. FreewareFind
http://www.freewarefind.com
Situs download freeware yang juga menyediakan newsletter bulanan dan mingguan tentang freeware.
40. Freeware Download Box
http://www.freewarebox.com
Menyediakan banyak kategori program dan link download.
41. Openwares
http://www.openwares.org
Kumpulan software open source yang bisa di download
42. Driver World
http://galttech.com.drivers.shtml
Kumpulan bermacam-macam device driver yang bisa di download.
43. Decent Downloads
http://decentdownloads.x-istence.com
Kumpulan beraneka freeware yang berguna.
44. Boostware
http://www.boostware.com
Kumpulan utiliti freeware untuk mempercepat operasi sistem untuk Linux, MAC, dan windows, dan review pendek untuk setiap produknya.
45. FreewarePro
http://www.freewarepro.com
Kumpulan koleksi freeware yang bisa di download untuk windows
46. DirFile
http://www.dirfile.com
Pusat download software dan freeware, juga ada file PAD.
47. 2-Software
http://www.2-software.net/
Kumpulan Software gratis dan open source.
48. Freeware Beast
http://www.freewarebeast.com
Software dan Game gratis dengan screenshot dan review
49. WebGrid
http://www.webgrid.co.uk
Kumpulan freeware yang sangat banyak
50. Freeware Directory
http://www.freewaredirectory.net
Kumpulan freeware yang dikategorisasikan ke dalam aplikasi, utiliti sistem dan file, permainan, prpgram-program komputer untuk PC, handheld, dan PDA.
51. Scan Complete
http://www.scancomplete.com
Antivirus gratis, spyware dan adware.
52. List of free statistical software
http://statistiksoftware.com/free_software.html
Software statistika gratis untuk semua platform dan dicantumkan juga deskripsi masing-masingnya.
53. Downloads from A to Z
http://www.azdownloads.info
Kumpulan bermacam-macam software termasuk freeware disusun secara alphabetis.
54. Radified Freeware
http://radified.com/articles/freeware.htm
Kumpulan freeware berguna yang sangat simpel.
55. The Free Web Network
http://www.thefreeweb.net/
Kamu bisa mencari software gratis di websitenya untuk semua platform
56. Absolute Freebies
http://www.absolutefreebies.com/best_freeware.html
Website ini berisi tentang berbagai rekomendasi freeware untuk windows gratis dan bisa di download.
57. DigitalArena
http://www.digitalarena.co.uk
Kumpulan software untuk animasi, ilustrasi, desain web, membuat game dan multimedia yang gratis dan shareware.
58. Free-Software-Downloads.org
http://www.free-software-downloads.org/
Kumpulan software gratis dengan hak cipta, dan dikategorisasikan berdasarkan review, kebutuhan OS dan ukuran download.
59. FreewareStop
http://www.freewarestop.org
Freeware internet, ftp, grafis,MP3, ZIP, enkripsi, utiliti sistem, font dan screensaver.
60. GoldFiles
http://www.goldfiles.com
Perpustakaan digital sumber-sumber download dan video game gratis.
61. Best Free Software
http://www.best-free-software.com
Daftar software-software alternatif yang gratis.
62. Afterzed
http://afterzed.com/freeware
Pilihan yang banyak meliputi utiliti, program aplikasi, dan file-file lain yang berhubungan dengan windows.
63. Compufiles
http://www.compufiles.com
Review dan link download ke berbagai program windows.
64. Program Central
http://programcentral.net
Download program freeware dan shareware untuk sistem windows dan linix. Termasuk daftar donwload yang populer lain.
65. Acme widgets and Gadgets
http://www.acmefreeware.com
Koleksi beberapa software windows gratis berdasarkan kategori.
66. My Free Programs
http://www.myfreeprograms.com
Koleksi program gratis yang berkualitas tinggi.
67. Real Free Software
http://www.realfreesoftware.com
Berbagai macam freeware yang dikategorisasikan.
68. Linx2go.topcities.com
http://linx2go.topcities.com
Kumpulan situs-situs software terbaik, termasuk freeware, shareware, desain web, webmaster tools, grafis, template. freebies dan banyak lagi.
69. Good Free Software
http://www.goodfreesoftware.netfirms.com
Kumpulan freeware-freeware baik yang bebas spyware.
70. Datasyndicate
http://www.datasyndicate.com
Kumpulan software-software yang bermacam-macam, termasuk freeware.
71. Freewaresoft.net
http://freewaresoft.net
Blog dengan update-update software baru yang bermacam-macam
72. Zakirium
http://www.zakirium.com
Kumpulan freeware berkualitas.
73. Bitszone.com
http://www.bitszone.com
Kumpulan file download, termasuk freeware yang dikategorisasikan untuk rumah tangga dan bisnis.
74. Freesoft.cc
http://www.freesoft.cc
Software untuk windows, linux dan macintosh
75. Perfect Freeware
http://www.perfectfreeware.com
Koleksi terkategorisasi dan mudah dicari lebih dari 2500 program freeware.
76. GNU Project and Free Software Foundation
http://www.gnu.org
Website ini adalah rumah bagi OS GNU, lisensi publik GNU, dan yayasan software bebas. Freeware-freeware open source bisa didapatkan disini.
77. Driver Guide
http://www.driverguide.com
Database driver-driver berbagai macam device
78. Free Download A Day
http://www.freedownloadaday.com
Blog yang menyediakan aplikasi freeware tiap hari.
79. TSM Soft
http://www.tsm-soft.com
Resource-resource dan screenshot deskripsi dan download untuk windows.
80. John Hood’s Best of Free Software
http://www.jhoodsoft.org
Direktori freeware terbaik termasuk freeware alternatif Microsoft berkualitas.
81. Freeware Library
http://freeware.it-mate.co.uk
Kumpulan freeware dengan screenshot.
82. Micropistoff
http://micropistoff.tomc.org.uk
Alternatif-alternatif gratis untuk produk-produk komersial
83. MusthaveCD.com
http://www.musthavecd.com
Koleksi utiliti gratis penting untuk mengoptimalkan PC
84. Replacements.co.za
http://replacements.co.za
Kumpulan software open source gratis untuk menggantikan software-software yang telah awam.
85. ChipCom.net
http://www.chipcom.net/freeware.php
Daftar tools software untuk web dan utiliti berguna untuk windows dan linux.
86. The DawgHouse Project
http://www.madawg.net
Informasi-informasi dan download aplikasi freeware populer yang beraneka.
87. n01getsout.com
http://www.n01getsout.com
Kumpulan freeware untuk windows dan linux yang bisa menggantikan produk-produk komersial.
88. WebPagesOnly
http://www.freewebtown.com/webpagesonly
Software windows dan pocket PC
89. Perfect Freeware
http://www.perfectfreeware.com
Daftar yang terkategorisasi lebih dari 2500 program freeware.
90. Fix Disk Utilities and Windows Information Database
http://www.fixdisk.co.uk
Utiliti diagnostik dan program fix disk.
91. Forsaken Web
http://www.forsakenweb.com
Screenaver, game dan software-software lainnya.
92. Skan Software
http://www.skan.ru/en/
Kumpulan update program-program populer freeware dan shareware.
93. Soft 2006
http://www.soft2006.com
Kumpulan software open source dan freeware gratis.
94. Simon Lenton Freeware
http://www.simonlenton.i8.com
Direktori program-program freeware yang berguna.
95. SourceForge
http://www.sourceforge.net
Ribuan proyek open source gratis untuk berbagai macam jenis.
96. Freeware Directory
http://freewaredirectory.net
Di website ini lengkap sekali freeware yang terdaftar dan bisa didownload langsung.